Komitmen bangun daerah, Pemkab Gowa canangkan satu sarjana satu desa

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, Pemkab menggandeng pemerintah desa dan kelurahan untuk menyukseskan program ini.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan (Foto: humas.gowakab.go.id)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mencanangkan program satu sarjana satu desa dan kelurahan sebagai komitmen membangun daerah. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, Pemkab menggandeng pemerintah desa dan kelurahan untuk menyukseskan program ini.

“Kita menggandeng desa dan kelurahan karena kita tahu di desa maupun kelurahan ini banyak sekali anak-anak berprestasi yang hebat dan pintar tetapi tidak punya biaya untuk berkuliah. Itulah yang harus kita pikirkan. Mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai UUD 1945 menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah,” ujar Adnan, Kamis (30/6).

Adnan menjelaskan, program tersebut juga bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul demi percepatan pembangunan daerah.

“Saya selalu mengatakan bahwa kekayaan suatu bangsa dan daerah itu tidak ditentukan karena sumber daya alamnya. Tetapi kekayaan suatu daerah dan bangsa itu ditentukan dari sumber daya manusianya,” tuturnya.

Orang nomor satu di Gowa ini menilai, Kabupaten Gowa mesti meniru Singapura. Negara tersebut bisa maju meski tidak memiliki sumber daya alam (SDA), namun berhasil membangun SDM berkualitas.