Flu Singapura serang anak, Pemkot Bandar Lampung minta orang tua waspada

Orang tua yang memiliki anak kecil untuk tidak berbagi tempat makan kepada temannya dan menjaga kebersihan tangan anak saat bermain.

Ilustrasi anak terkena Flu Singapura. Foto: theasianparent.com

Penyakit flu Singapura tengah menyerang anak-anak di sebagian wilayah Indonesia, tidak terkecuali Kota Bandar Lampung. Sehingga, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandar Lampung mengimbau orang tua mewaspadai penularan penyakit tersebut dengan disiplin hidup bersih.

Plt. Kepala Dinkes Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri menjelaskan, flu Singapura, atau penyakit kaki, tangan, dan mulut adalah infeksi virus ringan yang umum terjadi pada anak kecil. Virus ini mampu menular dengan cepat melalui kontak kulit, batuk atau air liur.

"Gejala yang ditimbulkan berupa demam, luka tenggorokan, merasa tidak enak, mudah marah, dan hilang nafsu makan," ujar Desti dalam keterangannya, Selasa (7/8).

Desti mengatakan, penyakit ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu rata-rata 10 hari. meski begitu, ia tetap meminta orang tua yang mendapati anaknya bergejala flu Singapura segera ke rumah sakit ataupun klinik kesehatan terdekat.

"Untuk pengobatan yang tepat, adalah segera datang ke pusat pelayanan kesehatan, bisa ke Puskesmas atau ke Rumah Sakit agar cepat mendapatkan pengobatan tepat dan dapat segera memutus mata rantai penularan," katanya.