Pemkot Makassar bangun posko pengendali inflasi pangan

Hal ini dilakukan setelah adanya perintah langsung dari Mendagri RI, Tito Karnavian terkait pembentukan posko untuk mengendalikan harga.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto (paling kiri) saat Rapat Koordinasi terkait Pengendalian Inflasi 2023. Foto: makassarkota.go.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar segera membuat posko pasar murah di berbagai tempat untuk mengoptimalisasi pengendalian inflasi pangan. Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan, hal ini dilakukan setelah adanya perintah langsung dari Mendagri RI, Tito Karnavian terkait pembentukan posko untuk mengendalikan harga pangan di pasaran.

“Semua posko kontainer kita akan kami gelar pasar murah. Karena kita diperintahkan Mendagri untuk buat posko untung kami sudah punya dan inilah salah satu kegunaannya, gelar pasar murah buat masyarakat,” ujar Danny, sapaan akrab wali kota usai melakukan Rapat Koordinasi terkait Pengendalian Inflasi 2023, Senin (9/1).

Danny mengatakan, meskipun inflasi Kota Makassar disumbang oleh transportasi udara dan bensin, bukan berarti sektor pangan tidak terjadi potensi inflasi. Meksi inflasi pangan relatif stabil, ia ingin pemkot tetap siaga.

“Jadi perintahnya juga Mendagri untuk membangun kemandirian pangan, di Makassar sendiri sudah berjalan. Apalagi komoditas yang menjadi penyumbang inflasi tinggi di beberapa kota itu adalah cabai. Namun, pangan kita sangat aman,” jelasnya.

Danny melanjutkan, untuk persoalan transportasi sendiri sebagai penyumbang inflasi tertinggi di Kota Makassar, ia mencoba mencari formula untuk bisa ditekan.