close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto (paling kiri) saat Rapat Koordinasi terkait Pengendalian Inflasi 2023. Foto: makassarkota.go.id

Pemkot Makassar bangun posko pengendali inflasi pangan

Hal ini dilakukan setelah adanya perintah langsung dari Mendagri RI, Tito Karnavian terkait pembentukan posko untuk mengendalikan harga.
swipe

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar segera membuat posko pasar murah di berbagai tempat untuk mengoptimalisasi pengendalian inflasi pangan. Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan, hal ini dilakukan setelah adanya perintah langsung dari Mendagri RI, Tito Karnavian terkait pembentukan posko untuk mengendalikan harga pangan di pasaran.

“Semua posko kontainer kita akan kami gelar pasar murah. Karena kita diperintahkan Mendagri untuk buat posko untung kami sudah punya dan inilah salah satu kegunaannya, gelar pasar murah buat masyarakat,” ujar Danny, sapaan akrab wali kota usai melakukan Rapat Koordinasi terkait Pengendalian Inflasi 2023, Senin (9/1).

Danny mengatakan, meskipun inflasi Kota Makassar disumbang oleh transportasi udara dan bensin, bukan berarti sektor pangan tidak terjadi potensi inflasi. Meksi inflasi pangan relatif stabil, ia ingin pemkot tetap siaga.

“Jadi perintahnya juga Mendagri untuk membangun kemandirian pangan, di Makassar sendiri sudah berjalan. Apalagi komoditas yang menjadi penyumbang inflasi tinggi di beberapa kota itu adalah cabai. Namun, pangan kita sangat aman,” jelasnya.

Danny melanjutkan, untuk persoalan transportasi sendiri sebagai penyumbang inflasi tertinggi di Kota Makassar, ia mencoba mencari formula untuk bisa ditekan.

Melansir data BPS Kota Makassar  dari Berita Resmi Statistik No. 01/01/7371/Th. IX 2 Januari 2023, menunjukkan Kota Makassar pada tahun 2022 mengalami kenaikan inflasi dari 2,26% menjadi 5,81%. Data tersebut menunjukkan terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 107,92 pada Desember 2021 menjadi 114,19 pada Desember 2022.

Pemkot Makassar bangun posko pengendali inflasi pangan
Selasa, 10 Januari 2023 11:06
Artikel ditulis oleh
img
Muhammad Wahid Aziz
Reporter
img
Muhammad Wahid Aziz
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan