Optimalkan layanan publik, Pemkot Metro evaluasi kinerja OPD 3 bulan sekali

Pada kesempatan tersebut, Qomaru juga ingin OPD lebih responsif menangani keluhan masyarakat, khususnya kebencanaan dan infrastruktur.

Seluruh kepala OPD Pemkot Metro saat Rakor bersama Wakil Wali Kota, Qomaru Zaman. Foto: metrokota.go.id

Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman meminta OPD menerapkan target dalam setiap eksekusi program yang bersinggungan langsung dengan kepentingan publik. Pasalnya, pembangunan layanan publik sangat ditunggu oleh masyarakat dan menjadi sektor prioritas kepemimpinannya.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh kepala OPD berkomitmen melaporkan pencapaian kinerja setiap 3 bulan sekali agar cepat dievaluasi hingga menghasilkan pembangunan yang optimal.

“Kita harus perduli karena masyarakat sudah menunggu apa yang dilakukan terhadap kota ini. Ada dua hal yang harus disepakati pada Rakor ini, pertama kita semua yang hadir dapat bertanggung jawab sesuai tupoksi. Kedua harus mempunyai target dalam setiap tujuan, jangan sampai lalai,” kata Qomaru saat Rapat Koordinasi dengan seluruh jajaran Pemkot Metro, Selasa (5/4).

Pada kesempatan tersebut, Qomaru juga ingin OPD lebih responsif menangani keluhan masyarakat, khususnya kebencanaan dan infrastruktur penghubungan. Ia tidak ingin masyarakat menunggu lama dan meras dirugikan.

“Adapun beberapa keluhan masyarakat saat ini terkait banjir, kerusakan gorong-gorong, kerusakan jalan, telah mendapatkan respon cepat dari OPD terkait. Hal seperti inilah yang harus cepat direspon dan ditangani. Termasuk jajaran Polisi Pamong Praja yang terus melakukan penertiban,” katanya.