Maksimalkan mitigasi, Pemprov Kaltim inisiasi kelompok masyarakat tanggap bencana

“Bencana alam merupakan peristiwa luar biasa yang dapat menimbulkan penderitaan luar biasa bagi yang mengalaminya," kata Riza.

Pelaksana Tugas Sekda Kaltim, Riza Indra Riadi (Foto: Instagram @pemprov_kaltim)

Sebagai upaya memaksimalkan mitigasi bencana, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) menginisiasi pembentukan kelompok masyarakat tanggap bencana di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Riza Indra Riadi mengatakan, penanggulangan bencana dan mitigasi bencana harus dipersiapkan sebelum bencana datang, agar tidak terjadi korban jiwa serta kerugian material yang besar.

“Bencana alam merupakan peristiwa luar biasa yang dapat menimbulkan penderitaan luar biasa bagi yang mengalaminya," kata Riza saat membuka kegiatan Inisiasi Pembentukan Kelompok Masyarakat Tanggap Bencana di Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Rabu (18/5) di Hotel Zurich Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan.

Riza menjelaskan, inisiasi pembentukan kelompok masyarakat tanggap bencana ini bertujuan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan terutama bagi penduduk yang tinggal di daerah pesisir dan pulau-pulau kecil.

"Saya yakin inisiasi pembentukan kelompok masyarakat tanggap bencana ini, bertujuan untuk sebagai pedoman dan perencanaan pembangunan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi dampak atau risiko bencana, sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman," jelasnya.