Adaptasikan UMKM dengan globalisasi, Pemprov Kaltim latih digitalisasi pemasaran

Pelatihan ini sebagai bentuk adaptasi pemasaran yang mulai bergesar akibat keterbatasan tatap muka imbas Covid-19.

Sejumlah pejabat Disperindagkop dan UKM Kaltim saat Pelatihan Pemasaran Online di UPTD Pelatihan Koperasi. Foto: kaltimprov.go.id

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mulai mengenalkan globaliasi kepada UMKM lokal dengan menggelar Pelatihan Pemasaran Online di UPTD Pelatihan Koperasi, Selasa (9/10). Pelatihan ini sebagai bentuk adaptasi pemasaran yang mulai bergesar akibat keterbatasan tatap muka imbas Covid-19.

Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Disperindagkop dan UKM Kaltim, Zainuddin Panani mengatakan, pelatihan ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi pelaku usaha untuk tidak hanya terpaku pada model pemasaran konvensional, melainkan juga harus siap beralih ke pemasaran berbasis digital.

“Ada pengaruh signifikan antara variable inovasi teknologi terhadap keunggulan bersaing dan inovasi teknologi dalam pemasaran dengan memanfaatkan internet. Jika dahulu model interaksi bisnis tradisional bersifat face to face maka saat ini model interaksi itu telah berkembang ke arah interaksi modern berbasis elektronik,” kata Panani di sela-sela pelatihan.

Zainuddin menguraikan, tujuan pentingnya pelatihan ini ada beberapa. Pertama, agar pelaku UMKM mampu memanfaatkan perangkat digital dalam melakukan pemasaran produk usahanya dengan cara yang sederhana, mudah dan murah.

Kedua, membantu UMKM untuk dapat menjangkau area yang luas, menyapa banyak orang dalam sekali klik dan sangat murah dengan pemasaran melalui perangkat digital dibandingkan pemasaran konvensional (tatap muka).