Sekda Gowa dorong Dewan Kesenian lestarikan kebudayaan lokal

Ia mengatakan, menjaga kearifan budaya lokal merupakan tanggung jawab bersama.

Sekda Kabupaten Gowa melantik Pengurus Dewan Kesenian Gowa (DKG) (Foto: humas.gowakab.go.id)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina mendorong Dewan Kesenian Gowa (DKG) berkontribusi melestarikan budaya lokal khususnya kesenian daerah. Ia mengatakan, menjaga kearifan budaya lokal merupakan tanggung jawab bersama.

“Pemerintah tidak bisa jalan sendiri, dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak khususnya Dewan Kesenian Gowa untuk tetap melestarikan kebudayaan lokal terutama di era modern saat ini.” Kata Kamsina saat melantik Pengurus DKG Periode 2021-2025 sekaligus menutup Festival Balla Lompoa, Senin (6/6) malam.

Kamsina menjelaskan, Festival Balla Lompoa merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk menjaga seni dan budaya lokal di tengah modernisasi.

“Acara yang kita laksanakan hari ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri buat kami, karena kami berpikir di zaman serba modern saat ini, dimana budaya lokal seolah-olah terlupakan dengan budaya yang glamor dan modern,” tuturnya.

Menurut Kamsina, Pemkab Gowa sangat mendukung aktivitas seni dan budaya untuk terus digencarkan. Ia berharap DKG dapat terus melakukan kegiatan kreatif demi menghidupkan nilai-nilai kearifan budaya lokal di tengah-tengah kehidupan masyarakat.