Setda Pandeglang gelar bimtek penyusunan peta proses bisnis

Bimtek ini diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Pandeglang.

Ilustrasi ASN. Sumber Foto: sscasn.bkn.go.id

Bagian Organisasi Sekretariat daerah (Setda) Kabupaten Pandeglang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Peta Proses Bisnis dalam rangka mewujudkan efisiensi dan efektivitas pemerintahan, Kamis (24/3). Bimtek ini diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Pandeglang.

"Terwujudnya efisiensi dan efektivitas dalam tatalaksana pemerintahan merupakan bagian dari penyusunan peta proses bisnis," ujar Kabag Organisasi Setda, Ahmad Taufik Yusuf.

Taufik menilai bimtek penyusunan peta proses bisnis perlu untuk dilakukan karena peta ini menjadi dasar pengambilan keputusan strategis terkait pengembangan organisasi dan sumber daya manusia serta penilaian kinerja. Sehingga menjadi salah satu faktor suksesnya reformasi birokrasi.

"Penyusunan peta proses bisnis merupakan salah satu faktor suksesnya pelaksanaan reformasi birokrasi di instansi pemerintahan," katanya.

Sementara itu, Analis Kebijakan Madya pada Asisten Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Politik, Hukum dan Keamanan dan Pemerintahan Daerah Kemenpan RB, Erni Herawati mengatakan penyusunan ini perlu dilakukan sebagai upaya mencapai target kinerja yang telah dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Pandeglang.