Cegah banjir bandang, Wali Kota Bandar Lampung segera lebarkan drainase jalan

Banjir tersebut disebabkan oleh ukuran drainase yang tidak proporsional menanggung beban air hingga banyaknya sampah terendap.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwina saat meninjau titik banjir di salah satu jalan protokol. Foto: Instagram Wali Kota @eva_dwina

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwina menginstruksikan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) segera melebarkan drainase usai wilayahnya diterjang banjir bandang pada Jumat (15/4) malam.  Ia mengatakan, banjir tersebut disebabkan oleh ukuran drainase yang tidak proporsional menanggung beban air hingga banyaknya sampah terendap.

Ia menambahkan, perbaikan drainase akan diprioritaskan pada jalan-jalan protokol. Selanjutnya, perbaikan secara bertahap akan menyasar ke jalan-jalan di kecamatan.

"Kan Pemerintah Kota memang akan memperbaiki semua drainase yang ada di Kota Bandar Lampung. Nah, dengan kejadian ini, perbaikan akan segera dikerjakan malam ini juga, drainasenya akan dibesarkan," kata Eva dalam keterangannya, Sabtu (16/4).

Eva juga memerintahkan Dinas Pekerja Umum bersama Dinas Lingkungan Hidup menormalisasi sungai untuk mencegah abrasi dan pendangkalan.

“Mulai hari ini (16/4), Dinas lingkungan hidup dibantu Dinas PU melakukan normalisasi saluran air yang mengalami pendangkalan,” tulis Eva di akun Instagram pribadinya @eva_dwina.