Wawali Makassar bagikan strategi mitigasi bencana di forum Australia

Fatmawati mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) memiliki program Makassar Recover untuk meminimalkan risiko bencana.

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi menghadiri forum internasional di Australia (Foto: makassarkota.go.id)

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi memaparkan strategi dalam menghadapi risiko bencana yang disebabkan perubahan iklim saat menghadiri Asia-Pacific Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction 2022 di Australia, Jumat (23/9). Fatmawati mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) memiliki program Makassar Recover untuk meminimalkan risiko bencana.

“Hasil diskusi tersebut akan dijadikan rujukan modul pembelajaran untuk pengurangan resiko bencana guna memastikan pembangunan berkelanjutan dan inklusif berbasis ketahanan,” jelas Fatmwati.

Fatmawati menjelaskan, Makassar Recover fokus pada imunitas kesehatan, adaptasi sosial, dan pemulihan ekonomi.

Selain Makassar Recover, Fatmawati menjelaskan ada tiga isu yang menjadi permasalahan terkait perubahan iklim, yakni naiknya level permukaan air laut (sea level rise), cuaca ekstrem, dan emisi karbon (carbon emission).

Menurut Fatmawati, isu naiknya level permukaan air laut yang berdampak pada terjadinya abrasi, rob, dan intrusi air laut. Mengatasi bencana abrasi dan banjir rob, Pemkot Makassar sudah memiliki program mitigasi dan adaptasi yang dilakukan dengan membuat folder atau tanggul penahan ombak, dan reklamasi di kawasan pantai.