Isu perdagangan hingga Palestina dibahas dalam pertemuan Jokowi dan Menlu AS

Kepada Menlu AS, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Palestina merupakan prioritas politik luar negeri Indonesia.

Presiden Jokowi dengan didampingi sejumlah menteri bertatap muka dengan Menlu AS Mike Pompeo / Sekretariat Kabinet RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Amerika Serikat (AS) agar tetap memberikan kebijakan Generalized System of Preferences (GSP) atau fasilitas bebas bea masuk bagi barang-barang produk Indonesia, karena produk yang diekspor Indonesia tersebut terkait dengan produk yang diekspor oleh AS.

Permintaan tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (5/8) pagi.

Presiden Jokowi sebagaimana disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang mendampingi presiden dalam pertemuan tersebut mengatakan, kalau dilihat dari barang-barang yang ada di dalam GSP, maka 53% dari barang-barang tersebut adalah terkait dengan produk yang diekspor oleh Amerika.

"Jadi 53% di antaranya terkait dengan proses produksi yang diperlukan oleh Amerika Serikat," jelas Menlu kepada wartawan usai pertemuan seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Senin (6/8).

Dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan Menlu Pompeo yang berlangsung dalam suasana sangat bersahabat itu turut dibahas beberapa isu lainnya.