AS tidak memihak dalam pertikaian Arab Saudi versus Kanada

Pertikaian Riyadh dan Ottawa dimulai setelah minggu lalu Kanada menyerukan agar Arab Saudi membebaskan dua aktivis HAM.

Samar Badawi, pejuang hak-hak perempuan Arab Saudi, diapit oleh Michelle Obama dan Hillary Clinton saat menerima International Women of Courage Award atas upaya advokasinya. Badawi ditangkap belum lama ini / REUTERS/Gary Cameron..

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) merilis pernyataan pertama terkait pertikaian antara Arab Saudi dan Kanada yang mengisyaratkan Washington tidak akan memihak.

"Kami menyimak pernyataan pemerintah Arab Saudi yang menarik duta besar Arab Saudi untuk Kanada dan mengusir duta besar Kanada," ujar seorang pejabat Kementerian Luar Negeri melalui email pada Senin (6/8) sore seperti dikutip dari Huffington Post, Rabu (8/8). "Kanada dan Arab Saudi merupakan sekutu dekat AS. Saya merujuk Anda kepada Kementerian Luar Negeri Kanada dan Arab Saudi untuk mendapat informasi lebih lanjut." 

Donald Trump pernah mengungkapkan bahwa Arab Saudi merupakan pembeli terbesar peralatan militer AS. Sementara, di lain sisi, Kanada merupakan sekutu Negeri Paman Sam di NATO.

Pertikaian Riyadh dan Ottawa dimulai setelah minggu lalu Kanada menyerukan agar Arab Saudi membebaskan dua aktivis HAM yang ditangkap belum lama ini. 

Pada hari Minggu, Riyadh merepons seruan tersebut dengan mengatakan, Ottawa telah melanggar kedaulatannya. Duta besar Kanada untuk Arab Saudi pun diminta segera meninggalkan negara itu.