Rusia kuak keterlibatan militernya di Suriah

Sejak September 2015, lebih dari 63.000 personel militer Rusia telah menerima pengalaman tempur di Suriah.

Warga Suriah berjalan di antara puing-puing reruntuhan di pusat distrik Afrin / REUTERS/Khalil Ashawi

Sebuah video yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia menguak sejauh mana keterlibatan militer negara itu dalam perang Suriah. 

Dalam video itu disebutkan, lebih dari 63.000 personel militer Rusia telah "mendapat pengalaman tempur" di Suriah sejak September 2015. Pada akhir tahun lalu, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan bahwa sebanyak 48.000 personel militer negaranya telah dikerahkan ke Suriah.

Video tersebut juga mengungkapkan bahwa angkatan udara Rusia telah meluncurkan 39.000 serangan, menghancurkan 121.466 "target teroris", dan menewaskan lebih dari 86.000 militan. Namun, tidak disebutkan adanya korban di pihak militer mereka atau pun warga sipil Suriah.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok pemantau yang berbasis di Inggris mengatakan, setidaknya 7.928 warga sipil dan 10.069 kombatan tewas dalam serangan udara Rusia.

Video milik Kementerian Pertahanan Rusia itu lebih lanjut menjelaskan bahwa pasukan Rusia telah menguji 231 jenis persenjataan di Suriah, termasuk di antaranya pesawat, peluru kendali darat ke udara, dan rudal jelajah.