Bersantai ala Presiden Rusia: hiking di Siberia

Presiden Rusia Vladimir Putin mahir dalam sejumlah cabang olahraga dan senang melakukan aktivitas di ruang terbuka.

Presiden Rusia Vladimir Putin saat hiking di Siberia di sela-sela kunjungan kerjanya. Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS

Bukan rahasia jika Presiden Rusia Vladimir Putin (65) senang olahraga dan melakukan aktivitas di ruang terbuka. Mantan agen badan intelijen Uni Soviet (KGB) itu diketahui menyukai seni bela diri sambo dan judo, ski, hoki es, memancing, berkuda, serta arung jeram.

Teranyar, Kremlin merilis sejumlah foto pada Senin (28/8) yang menunjukkan presiden Rusia itu tengah mendaki di Siberia. Menteri Pertahanan Sergei Shoigu turut menemaninya. 

Foto-foto yang dirilis menampilkan Putin dalam busana dan topi warna khaki, membawa teropong dan trekking pole tengah mendaki di hutan pegunungan dan menikmati perjalanan menyusuri sungai Yenisei dengan boat di wilayah Tuva, Siberia Selatan.

Ini bukan kali pertama, foto-foto liburan Putin dirilis. Sebelumnya, terdapat foto di mana orang nomor satu di Rusia itu tengah memancing dan berjemur tanpa mengenakan kaus hingga memunculkan pandangan bahwa gambar-gambar itu dipublikasikan untuk menunjukkan kesehatan fisik dan kekuatannya untuk mengurus negara.