AS tarik dubes dari tiga negara yang putus hubungan dengan Taiwan

Panama, El Salvador, dan Republik Dominika merupakan tiga negara yang telah memutus hubungan dengan Taiwan dan memilih merapat ke China.

Ilustrasi / Pixabay

Amerika Serikat telah memanggil para duta besarnya dari Republik Dominika, El Salvador, dan Panama. Mereka ditarik untuk berkonsultasi atas keputusan tiga negara itu memutuskan hubungan diplomatik mereka dengan Taiwan. Langkah AS itu diumumkan pada Jumat (7/9) malam. 

Melalui kementerian luar negerinya, Washington menyatakan bahwa Duta Besar untuk Republik Dominika Robin Bernstein, Duta Besar AS untuk El Salvador Jean Manes, dan Kuasa Usaha AS di Panama Roxanne Cabral akan bertemu dengan para pemimpin pemerintah AS untuk membahas cara-cara di mana Washington dapat mendukung institusi dan ekonomi yang kuat, independen, dan demokratis di seluruh Amerika Tengah dan Karibia.

Pada Minggu (9/9), Presiden Panama Juan Carlon Varela menanggap langkah AS tersebut. Dia meminta Negeri Paman Sam untuk menghormati kedaulatan negaranya.

"Kami menghormati keputusan berdaulat negara-negara lain dan kami akan selalu meminta rasa hormat yang sama," ucap Varela.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Panama juga telah merilis respons atas sikap AS.