Presiden Vietnam Tran Dai Quang meninggal

Tran Dai Quang yang menjabat sebagai presiden Vietnam sejak April 2016 meninggal akibat penyakit serius yang berkepanjangan.

Ilustrasi / Pixabay

Presiden Vietnam Tran Dai Quang meninggal pada Jumat (21/9) di usia 61 tahun setelah menderita penyakit serius yang berkepanjangan.

Kantor Berita Vietnam melaporkan, Tran Dai Quang meninggal dunia karena penyakit serius meskipun perawatan penuh telah didedikasikan oleh para profesor dan dokter baik di Vietnam maupun di luar negeri.

Menjabat sebagai presiden sejak April 2016, setelah lebih dari empat dekade di Kementerian Keamanan Publik, Tran Dai Quang memiliki reputasi sebagai sosok keras dengan sedikit toleransi bagi perbedaan pendapat. 

Meskipun Tran Dai Quang memegang salah satu dari empat posisi teratas di Vietnam dan secara resmi menjadi kepala negara, perannya sebagai presiden dilihat sebagai seremonial, yaitu menyambut pemimpin yang datang berkunjung dan menyelenggarakan acara diplomatik dalam upaya untuk meningkatkan profil Vietnam di panggung dunia.

Tran Dai Quang tampak kurus dan pucat, ketika pada 11 September lalu dia tampil dalam upacara penyambutan Presiden Indonesia Joko Widodo di Hanoi.