Soal kemerdekaan Palestina, posisi Indonesia sangat jelas

Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina tidak hanya terhenti pada politik, melainkan juga di bidang perdagangan.

Ilustrasi/Pixabay

Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI Sunarko menyatakan bahwa Indonesia memiliki posisi yang jelas untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina mencapai kemerdekaan lewat berbagai jalur.

"Posisi kita sangat jelas, di berbagai forum internasional senantiasa kita dengungkan dan realisasikan perjuangan Palestina mencapai kemerdekaannya termasuk soal keanggotaan penuh Palestina di dalam organisasi-organisasi internasional," ujar Sunarko dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia, Jakarta, Senin (24/9).

Menurutnya, selama ini komitmen Indonesia mendukung Palestina tidak hanya berhenti pada dukungan politik saja, melainkan juga aktif mendukung di bidang perdagangan.

"Di bidang perdagangan kita terus kembangkan kerja sama yaitu dengan memberikan zero tariff kepada barang-barang produksi Palestina terutama minyak zaitun dan kurma sehingga mampu memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi Palestina," tambahnya.

Selain itu, Indonesia senantiasa rutin meningkatkan kerja sama dalam bentuk program peningkatan kapasitas kepada 1811 peserta dan elemen masyarakat Palestina.