Bertemu Menlu Arab Saudi, Indonesia desak transparansi kasus Khashoggi

Jamal Khashoggi tewas dibunuh di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. Kematiannya masih berselimut misteri hingga kini.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir dalam konferensi pers Sidang Komisi Bersama di Gedung Pancasila Kemlu RI, Jakarta pada Selasa (23/10). Alinea.id/ Soraya Novika

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi bersama dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir melaksanakan Sidang Komisi Bersama di Gedung Nusantara Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Selasa (23/10).

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno menyampaikan keprihatinan dan dukacita mendalam atas kematian jurnalis Jamal Khashoggi.

"Indonesia sangat prihatin dengan apa yang menimpa Jamal Khashoggi untuk itu melalui pertemuan ini, saya menyampaikan posisi Indonesia secara langsung atas kasus tersebut kepada Menlu Jubeir," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers di Gedung Pancasila Kemlu RI, Jakarta, Selasa (23/10).

Menlu Retno menjelaskan bahwa posisi Indonesia sangat jelas, yaitu senantiasa mendorong Arab Saudi agar dapat mengungkapkan kasus ini se-transparan mungkin. 

"Indonesia menekankan kepada Arab Saudi untuk dapat menemukan semua fakta dengan investigasi secara transparan dan saksama," ungkapnya.