Kanselir Jerman Angela Merkel putuskan mundur dari politik

Selain menyatakan tidak akan mencalonkan diri sebagai kanselir Jerman pada 2021, Merkel juga mundur sebagai ketua Partai CDU.

erdana Menteri Ceko Andrej Babis berjabat tangan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di Praha, Republik Ceko, Jumat (26/10). ANTARA FOTO/REUTERS/David W. Cerny

Angela Merkel mengatakan dirinya tidak akan mengikuti pemilu untuk kembali merebut kursi kanselir Jerman pada 2021, menyusul kemunduran dalam pemilu baru-baru ini.

"Saya tidak akan mencari pos politik setelah masa jabatan saya berakhir," ungkap politikus berusia 64 tahun tersebut dalam sebuah konferensi pers di Berlin.

Selain itu, Merkel juga menegaskan bahwa dirinya tidak akan mengajukan diri kembali sebagai pemimpin Partai Persatuan Demokrat Kristen Jerman (CDU) yang berhaluan kanan-tengah pada Desember mendatang. Merkel telah memimpin CDU sejak tahun 2000.

CDU sangat lemah dalam jajak pendapat pada hari Minggu di negara bagian Hesse, itu merupakan fakta terbaru dalam serangkaian kemunduran yang diderita partai tersebut.

Ada pun pemilu berlangsung hanya beberapa pekan setelah Partai Uni Sosial Kristen (CSU) menderita kerugian besar dalam pemilu parlemen negara bagian.