Tersangka kasus Khashoggi orang dekat putra mahkota Arab Saudi

Jamal Khashoggi adalah kolumnis Washington Post yang kerap mengkritik kebijakan Kerajaan Arab Saudi. Dia hilang pada Selasa (2/10).

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. AUDI-BINLADIN/FALL Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS

Salah satu tersangka yang diidentifikasi oleh Turki terlibat dalam kasus hilangnya wartawan Jamal Khashoggi adalah sosok yang kerap mendampingi Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman atau akrab disapa MBS. 

Pria itu tertangkap kamera ikut rombongan MBS saat sang pangeran melawat ke Spanyol, Perancis, Houston, Boston, dan PBB pada tahun ini. Sosok yang dimaksud adalah Maher Abdulaziz Mutreb, seorang diplomat yang ditugaskan di pos diplomatik Arab Saudi di London pada 2007.

Mutreb bepergian secara ekstensif dengan MBS. Dia diduga sebagai pengawalnya.

Selain Mutreb, terdapat empat tersangka lainnya yang dekat dengan MBS. Mereka adalah Abdulaziz Mohammed al-Hawsawi yang bekerja sebagai salah satu pengawal pribadi MBS, Thaar Ghaleb al-Harbi dan Muhammed Saad Alzahrani sebagai pengawal kerajaan, dan Salah al-Tubaigy yang bekerja sebagai kepala Dewan Ilmu Pengetahuan Forensik Arab Saudi 

The New York Times dalam laporannya menyebutkan, mereka telah mengonfirmasi secara independen bahwa sembilan dari 15 tersangka yang diidentifikasi oleh otoritas Turki terlibat dalam kasus hilangnya Khashoggi termasuk Mutreb, bekerja untuk dinas keamanan, militer, atau departemen pemerintah Arab Saudi lainnya.