Kata-kata terakhir Khashogi sebelum dibunuh: Saya tercekik...

Khashoggi yang merupakan pengkritik vokal Kerajaan Arab Saudi mati lemas dengan kantong plastik menutupi kepalanya. 

Foto yang diambil dari rekaman CCTV dan diperoleh TRT World menunjukkan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, dilingkari merah oleh sumber, saat tiba di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, Selasa (2/10). ANTARA FOTO/Courtesy TRT World/Handout via Reuters

Kepala investigasi surat kabar Turki Daily Sabah Nazif Karaman menguak kata-kata terakhir Jamal Khashoggi, wartawan yang dibunuh di Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

"Saya tercekik ... Singkirkan tas ini dari kepala saya. Saya klaustrofobia," demikian kata-kata terakhir Khashoggi seperti yang termuat di rekaman audio dari dalam Konsulat Arab Saudi.

Menurut Karaman, Khashoggi yang merupakan pengkritik vokal Kerajaan Arab Saudi mati lemas dengan kantong plastik menutupi kepalanya. 

Berdasarkan rekaman audio tersebut, Karaman mengatakan bahwa pembunuhan Khashoggi berlangsung selama sekitar tujuh menit.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Sabtu (10/11) mengatakan bahwa rekaman audio terkait dengan pembunuhan Khashoggi telah dibagikannya dengan Arab Saudi, Amerika Serikat, Jerman, Prancis, dan Inggris.