Mengenal Putri Leonor, ratu masa depan Spanyol

Putri Leonor memulai debut pidatonya pada 31 Oktober 2018 di usianya ke-13 tahun. Dia membaca pasal pertama konstitusi Spanyol.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Putri Leonor dari Spanyol menjadi sorotan dunia setelah melakukan pidato publik pertamanya dalam perayaan 40 tahun konstitusi Spanyol pada 31 Oktober. Itu bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-13.

Leonor adalah anak sulung Raja Felipe VI dan Ratu Letizia. Fakta tersebut menjadikannya calon ratu masa depan Negeri Matador.

Di panggung Cervantes Institute di Madrid, Leonor membaca pasal pertama dari Carta Magna yang disetujui Parlemen Spanyol pada 31 Oktober 1978. Sementara, Raja Felipe VI yang berada di sisinya menunjukkan raut bangga. Ratu Letizia yang duduk bersebelahan dengan adik Leonor, Sofia, pun tersenyum semringah.

Dengan lantang, Leonor membaca pasal yang menyatakan bahwa Spanyol menjalankan sistem politik monarki parlemen. Tidak lupa, sang putri sesekali melakukan kontak mata dengan para hadirin.

Sama seperti Leonor, Raja Felipe VI juga menyampaikan pidato publik pertamanya pada usia 13 tahun. Peristiwa itu terjadi pada 1981.