Setelah 21 tahun, menlu Polandia kembali kunjungi Indonesia

Terakhir kalinya menteri luar negeri Polandia berkunjung ke Indonesia pada tahun 1997.

Menlu Polandia Jacek Czaputowicz dan Menlu Retno Marsudi saat bertatap muka di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, Senin (26/11). Alinea.id/Khairisa Ferida

Lawatan Menteri Luar Negeri Polandia Jacek Czaputowicz ke Indonesia pada 25-27 November disebut istimewa karena dua alasan. Pertama, karena ini merupakan kunjungan Menlu Polandia pertama dalam 21 tahun terakhir dan kedua Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi Czaputowicz dalam turnya ke Asia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers bersama dengan Menlu Czaputowicz di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, Senin (26/11).

Menlu Retno mengatakan, terakhir kali Menlu Polandia mengunjungi Indonesia adalah pada 1997.

"Polandia merupakan mitra penting bagi Indonesia dan Eropa Tengah. Kerja sama ekonomi Indonesia-Polandia terus tumbuh. Perdagangan misalnya, dari Januari hingga Agustus 2018 telah meningkat 24,8% dibanding periode yang sama tahun lalu. Investasi Polandia di Indonesia hampir menyentuh angka US$20 juta pada 2017 dibanding US$1,6 juta pada 2016," jelas Menlu Retno.

Ada pun jumlah wisatawan Polandia yang datang ke Indonesia meningkat dua kali lipat dalam tiga tahun dan mencapai lebih dari 30.000 orang pada tahun 2017. "Ini bagus, namun tentu saja ada peluang untuk bertumbuh."