6 suku terasing di dunia, salah satunya tewaskan misionaris AS

Misionaris Amerika Serikat John Allen Chau tewas dipanah suku Sentinel. Tragedi ini menyoroti kembali mereka yang terasing dari modernitas.

Misionaris AS yang tewas dibunuh suku Sentinel, John Allen Chau (berkaus biru). IG/@johnchau

Kehidupan suku di pulau terpencil di Teluk Benggala menyedot perhatian publik pekan ini. Hal ini terjadi pasca-kematian seorang misionaris asal Amerika Serikat John Allen Chau yang dibunuh oleh suku Sentinel, penduduk asli Kepulauan Andaman.

Chau dilaporkan tewas dibunuh dengan panah ketika mendarat di Pulau Sentinel Utara pada 17 November lalu. Para nelayan yang mengantarkannya ke pulau itu melihat jasad Chau diseret di sepanjang pantai sebelum akhirnya dikuburkan.

Hingga kini para pejabat India menghadapi tugas yang sulit untuk mengambil jasad Chau. Sebuah perahu polisi mencoba merapat namun akhirnya mereka mundur untuk menghindari konfrontasi.

Enam nelayan dan satu orang lainnya telah ditangkap atas insiden tersebut.

Suku Sentinel tidak memiliki kontak dengan dunia luar dan dikenal kerap membunuh penyusup. Mereka merupakan representasi beberapa orang terakhir di bumi yang jalan hidupnya tidak terganggu oleh peradaban modern.