Pertempuran Yaman berlanjut meski ada pembicaraan damai

Pembicaraan untuk menciptakan perdamaian di Yaman telah dimulai sejak Kamis (6/12) di Swedia.

Perang di Yaman telah memicu krisis kemanusiaan terparah di dunia dengan banyak anak menderita gizi buruk. ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed al-Sayaghi

Pertempuran terus berlangsung antara kedua pihak yang berperang di Yaman kendati perundingan yang difasilitasi oleh PBB diluncurkan di Swedia pada Kamis (6/12).

Seorang perwira militer mengatakan kepada Xinhua bahwa bentrokan bersenjata meletus antara pasukan pro-pemerintah dan kelompok Houthi di jalan masuk menuju provinsi Adh-Dhalea di bagian selatan negeri tersebut.

Lebih dari 10 anggota kelompok Houthi dan tiga prajurit yang setia kepada pemerintah dukungan Arab Saudi tewas sementara beberapa orang lagi cedera, ungkap seorang perwira yang tidak ingin menyebutkan namanya.

Di Al-Hudaydah di pantai Laut Merah, Brigade Eimlaq terlibat dalam baku-tembak melawan kelompok Houthi yang berusaha memasuki daerah yang dikuasai pemerintah di Hays.

Satu sumber militer mengatakan, anggota Houthi tidak mematuhi kesepakatan gencatan senjata sementara dan terus mengincar daerah yang dikuasai pemerintah dengan menggunakan bom mortir dan roket.