10 tahun hilangnya MH370: Bagaimana harapan masih tersisa

Penerbangan Malaysia Airlines 370 tujuan Beijing hilang dari radar tak lama setelah meninggalkan Kuala Lumpur pada dini hari 8 Maret 2014.

Ilustrasi. Foto: Pixabay

Keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 telah  menjadi misteri selama 10 tahun. Setelah hilang kontak pada 8 Maret 2014, 239 orang kru dan penumpangnya seperti ditelan bumi, keberadaan bangkai pesawat masih teka-teki. Tetapi, harapan ternyata masih tersisa.

Hilangnya pesawat itu memunculkan berbagai teori, buku, dan dokumenter yang saling bersaing. Sementara,  keluarga korban bertanya pada diri mereka sendiri setiap tanggal 8 Maret – apa yang terjadi pada mereka yang berada di dalam pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370?

Di era ketika kotak hitam berhasil diangkat dari dasar laut dan seluruh bongkahan pesawat yang jatuh dengan susah payah disatukan kembali untuk menentukan penyebab bencana, nasib MH370 masih sulit dipahami.

Namun banyak ahli percaya masih ada kemungkinan besar puing-puing MH370 dapat ditemukan, jika seseorang melakukan pencarian yang cukup teliti dan – yang terpenting – mengeluarkan sejumlah besar uang yang mungkin diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Bagi Jiang Hui, yang kehilangan ibunya dalam bencana tersebut, masa-masa seperti ini sangatlah sulit – dan bukan hanya karena peringatan tanggal 8 Maret.