116 negara dukung penyelidikan asal-usul Covid-19

Indonesia menjadi bagian dari 116 negara yang mendukung penyelidikan tersebut.

Seorang staf Vatikan dengan APD membersihkan ruangan di St. Peter's Basilica di Vatikan, Jumat (15/5), di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Yara Nardi

Sebanyak 116 negara telah mendukung resolusi Australia yang menyerukan penyelidikan independen terkait asal-usul coronavirus jenis baru.

Dari 116 negara tersebut, 54 merupakan negara anggota African Group (GAFS), sementara 62 negara lainnya termasuk negara anggota Uni Eropa, Rusia, Indonesia, India, Jepang, Inggris, dan Kanada.

Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt mengatakan bahwa resolusi Australia diharapkan akan disahkan dalam pertemuan World Health Assembly (WHA) pada Selasa (19/5).

Pada Senin (18/5), Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne menuturkan bahwa dia sangat senang melihat begitu banyak negara yang mendukung seruan penyelidikan independen tersebut.

"Saya pikir dukungan luas ini memberikan pandangan kuat bahwa banyak pihak setuju untuk menyelidiki lebih dalam terkait apa yang sedang terjadi," tutur dia. "Menurut saya, ini kemenangan bagi komunitas internasional."