21 entitas dan 13 individu resmi disanksi AS akibat invasi Rusia ke Ukraina

Lembaga-lembaga tersebut kebanyakan terlibat di sektor teknologi dengan tujuan untuk memperkuat sektor militer.

Menteri Keuangan Janet L. Yellen (kiri) dalam sebuah pernyataan. Foto twitter.com/SecYellen

Pemerintah Amerika Serikat resmi mengumumkan sanksi terhadap 21 entitas dan 13 individu di negara tersebut, yang memiliki hubungan dengan Rusia. Lembaga-lembaga tersebut kebanyakan terlibat di sektor teknologi dengan tujuan untuk memperkuat sektor militer.

Seperti dilansir VOA, Jumat (1/4), Departemen Keuangan AS mengatakan, sanksi baru itu merupakan bagian dari tindakan tegas kepada mesin-mesin perang Rusia.

“Rusia tidak hanya terus melanggar kedaulatan Ukraina dengan agresi yang tidak beralasan, tetapi juga telah meningkatkan serangannya terhadap warga sipil dan pusat-pusat permukiman penduduk,” kata Menteri Keuangan Janet L. Yellen dalam sebuah pernyataan.

Amerika Serikat menambahkan, sanksi ini bisa saja bertambah jika Rusia tidak segera menghentikan perang. Pada 24 Maret, Amerika Serikat sudah menjatuhkan sanksi pada puluhan perusahaan Rusia yang termasuk dalam basis industri pertahanan karena mendukung invasi ke Ukraina. 

Sebelumnya sanksi juga dijatuhkan kepada individu, termasuk pesawat milik Bos Chelsea Roman Abramovich yang dilarang terbang melintasi Amerika Serikat.