Amerika Selatan terpecah sikapi isu Hamas dan genosida di Gaza

Sebagian besar negara Amerika Latin mengeluarkan pernyataan yang mengutuk serangan Hamas dari Jalur Gaza pada  7 Oktober.

Puing-puing Gaza. Foto: BBC

Negara-negara di seluruh dunia telah bereaksi terhadap serangan mendadak yang dilancarkan pejuang Hamas terhadap desa-desa di Israel, yang sejauh ini telah menewaskan 1.200 orang, sementara serangan udara mematikan Israel terhadap Jalur Gaza menewaskan 1.000 warga Palestina, termasuk ratusan anak-anak.

Sebagian besar negara Amerika Latin mengeluarkan pernyataan yang mengutuk serangan Hamas dari Jalur Gaza pada  7 Oktober. Namun, situasi berubah setelah Israel melakukan aksi balas dendam ke Gaza yang hingga kini telah menewaskan sedikitnya 9.000 orang.

Venezuela sejak awal menuntut agar Israel segera menghentikan pendudukan atas Palestina. Sementara perkembangan terbaru, Bolivia, Chile dan Kolombia menarik duta besarnya di Israel. 

Bolivia juga menyatakan pihaknya mengikuti perkembangan tersebut dengan rasa prihatin dan menuduh komunitas internasional tidak mengambil tindakan apa pun.

Menarik melihat sikap dan pernyataan negara-negara di Amerika Selatan terhadap isu perang Israel-Palestina sejak 7 Oktober hingga saat ini.