Anne Hathaway: Dunia butuh 300 tahun untuk wujudkan kesetaraan gender

Masih banyak kejadian mengekang kebebasan dan hak perempuan serta anak, seperti untuk belajar, bekerja, dan membuat pilihan atas tubuhnya.

UN Women Goodwill Ambassador, Anne Hathaway, memberikan paparan saat menjadi salah satu pembicara dalam agenda B20 di Bali, Senin (14/11/2022). YouTube/B20 Indonesia 2022

UN Women Goodwill Ambassador, Anne Hathaway, menyampaikan, partisipasi wanita dan kesetaraan gender menjadi hal penting untuk kemajuan umat manusia. Kesetaraan antara wanita dan laki-laki, menurutnya, membuat dunia lebih aman, bahagia, berharga, dan sukses. Sayangnya, progresnya masih jauh.

"Kesetaraan saat ini masih sangat jauh progresnya bahkan mungkin membutuhkan waktu 300 tahun lagi untuk mencapai hal tersebut," kata Anne dalam paparannya saat menjadi salah satu pembicara dalam agenda B20 di Bali, Senin (14/11).

Anne mengakui praktik kesetaraan gender bagi perempuan sudah jauh lebih baik. Namun, masih banyak kejadian di beberapa negara yang mengekang kebebasan dan hak wanita serta anak perempuan, seperti untuk belajar, bekerja, hingga membuat pilihan atas tubuhnya. Bahkan, beberapa dari hal tersebut dipaksakan pemerintah setempat.

"Pengekangan tersebut bahkan makin terungkap dan diperkuat oleh adanya krisis global yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu pandemi Covid-19," tambah bintang Hollywood ini.

Saat pandemi, katanya, wanita menjadi yang paling terpukul lantaran tidak sedikit yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kehilangan pekerjaan lebih cepat, dan berada di luar pasar kerja lebih lama daripada laki-laki.