Arab Saudi izinkan pesawat komersial Israel lintasi wilayah udaranya

Penerbangan itu merupakan bagian dari kesepatakan normalisasi yang dicapai Israel tahun ini dengan UEA, Bahrain, dan Sudan. 

Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman bertemu dengan penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner di Riyadh, Arab Saudi pada September 2020. Foto: Saudi Press Agency via AP Photo

Arab Saudi telah menyetujui pesawat komersial Israel melintasi wilayah udaranya dalam perjalanan ke Uni Emirat Arab (UEA). Kebijakan itu berlaku, setelah adanya pembicaraan antara pejabat Arab saudi dengan penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner dengan kantor berita Reuters dan media Israel yang telah melaporkan. 

Kushner dan beberapa utusan dari Timur Tengah, Avi Berkowitz dan Brian Hook mengangkat masalah ini setelah mereka tiba di Arab Saudi. "Kami dapat mendamaikan masalah tersebut," kata  seorang pejabat dari pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kepada Reuters, pada hari Senin (30/11). 

Perjanjian tersebut hanya dibuat dalam beberapa jam sebelum penerbangan komersial pertama Israel ke UEA yang direncanakan pada Selasa pagi. 

Penerbangan itu merupakan bagian dari kesepatakan normalisasi yang dicapai Israel tahun ini dengan UEA, Bahrain, dan Sudan. 

Bahkan, UEA tentu telah memperoleh keuntungan dari normalisasi tersebut, termasuk Gedung Putih mendorong penjualan senjata, termasuk jet tempur canggih, ke negara Teluk.