Arab Saudi klaim dua tanker minyaknya disabotase

Serangan terhadap dua tanker itu terjadi di lepas pantai kota pelabuhan Fujairah, Uni Emirat Arab, pada Minggu pukul 06.00 waktu setempat.

Kota Fujairah, Uni Emirat Arab. / Google maps

Arab Saudi pada Senin (13/5) mengklaim dua tanker minyaknya disabotase di lepas pantai Uni Emirat Arab. Serangan itu telah menyebabkan kerusakan signifikan pada kapal-kapal tersebut.

Pernyataan Menteri Energi, Industri, dan Sumber Daya Mineral Arab Saudi Khalid al-Falih menyatakan, salah satu kapal tersebut sedang dalam perjalanan untuk mengangkut minyak dari Arab Saudi ke Amerika Serikat.

Terdapat empat kapal di lepas pantai kota pelabuhan Fujairah yang dilaporkan disabotase pada Minggu (12/5). Pejabat Uni Emirat Arab menolak untuk menjelaskan sifat sabotase atau mengatakan siapa yang mungkin bertanggung jawab.

Ketegangan telah meningkat sejak Presiden Donald Trump menarik AS dari perjanjian nuklir 2015 yang diteken Iran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Prancis, China dan Rusia ditambah Jerman atau disebut pula kelompok P5+1.

Tidak sampai di situ, AS juga mengembalikan sanksi yang sebelumnya telah dicabut, mendorong ekonomi Iran ke dalam krisis.