Arab Saudi sebut tidak akan mundur dari Yaman

Sumber keamanan Yaman mengatakan, militer Saudi telah ditarik dari pangkalan militer di distrik Burayqah di kota pelabuhan selatan Aden.

Ilustrasi. Pixabay

Koalisi pimpinan Saudi yang memerangi Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman mengatakan pada Rabu (10/11), pasukannya tidak akan mundur dan bahkan mengerahkan kembali sesuai dengan strateginya untuk mendukung pasukan Yaman.

Sumber keamanan Yaman mengatakan, militer Saudi telah ditarik dari pangkalan militer utama di distrik Burayqah di kota pelabuhan selatan Aden, dan memindahkan pasukan, perangkat keras dan artileri berat.

Beberapa pasukan dan peralatan dimuat pada kapal perang di pelabuhan Aden, sementara yang lain terbang keluar dari bandara kota. Konvoi panjang militer kerajaan terlihat pada Selasa (9/11) dari pangkalan militer Burayqah menuju pelabuhan Aden.

Juru bicara koalisi pimpinan Saudi, Jenderal Turki al-Malki mengatakan laporan yang beredar tentang penarikan militer Saudi dari Yaman selatan "tidak berdasar”.

"Pergerakan dan penempatan kembali pasukan berdasarkan penilaian operasional dan taktis, adalah operasi standar di semua pasukan militer di seluruh dunia," kata Jenderal Malki.