AS berkomitmen bantu RI atasi Covid-19 melalui Covax

Dengan komitmen dana awal sejumlah US$2 miliar, AS menjadi penyumbang tunggal terbesar untuk Covax AMC.

1.113.600 dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca tiba di Indonesia pada Senin (8/3/2021). Amiri Newsroom, Infopublik, DJIKP, Kominfo

Kuasa Usaha Ad Interima Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia Heather Variava menyampaikan selamat kepada Indonesia atas tibanya 1.113.600 dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca pada Senin (8/3).

Menurut keterangan resmi Kedubes AS pada Rabu (10/3), pengiriman tersebut merupakan bagian dari Covax Advance Market Commitment (Covax AMC), sebuah inisiatif global untuk mendukung akses yang setara terhadap vaksin Covid-19. 

Pengiriman pada Senin adalah yang pertama dari total 11.704.800 yang direncanakan diterima oleh Indonesia dari Covac AMC.

AS baru-baru ini memberikan komitmen dana awal sejumlah US$2 miliar, dari total US$4 miliar yang direncanakan, untuk Covax AMC. Komitmen ini menjadikan Washington sebagai penyumbang tunggal terbesar untuk respons internasional terhadap Covid-19. 

Indonesia merupakan negara ketiga penerima vaksin Covid-19 melalui fasilitas Covax di Asia Tenggara setelah Filipina dan Kamboja.