AS, Inggris, dan Australia jalin kerja sama keamanan hadapi China

Kerja sama tiga negara tersebut sebagai respons atas kebijakan Beijing di Laut China Selatan dan Taiwan.

Kapal induk Amerika Serikat/Istimewa

Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Australia sedang menjalin kerja sama keamanan trilateral yang ditujukan untuk menghadapi China. Kerja sama ini akan mencakup bantuan pada Australia untuk membangun kapal selam bertenaga nuklir.

Kerja sama yang disebut AUKUS itu, diumumkan bersama oleh Joe Biden (Presiden AS), Boris Johnson (Perdana Menteri Inggris) dan Scott Morrison (Perdana Menteri Australia) secara virtual melalui konferensi video. Mereka menyajikannya sebagai langkah penting berikutnya dalam aliansi lama.

Melansir The Guardian (16/9), Morrison mengatakan, tim dari tiga negara akan menyusun rencana bersama selama 18 bulan mendatang untuk merakit armada kapal selam bertenaga nuklir Australia yang baru, yang akan dibangun di Adelaide. Proyek ini akan menjadikan Australia sebagai negara ketujuh di dunia yang memiliki kapal selam dengan ditenagai oleh reaktor nuklir.

"Ini akan mencakup pemeriksaan intensif tentang apa yang perlu kita lakukan untuk melaksanakan tanggung jawab pengelolaan nuklir kita di sini di Australia,” kata Morrison.

Pada pengumuman itu, Morrison menegaskan jika Australia tidak akan memiliki dan membangun senjata nuklirnya sendiri. Menurutnya, itu mengacu pada perjanjian internasional tentang penanganan bahan bakar nuklir.