AS-Polandia pertimbangkan kirim jet tempur era Soviet untuk Ukraina

Pemerintahan Biden sedang mempertimbangkan untuk mencari pengganti jet tempur yang mungkin dikirim Polandia dari armadanya ke Ukraina,

Sukhoi SE-27. Foto Wikipedia

Amerika Serikat bekerja sama dengan Polandia untuk menjajaki kemungkinan memasok pesawat tempur ke Ukraina. AS juga berkonsultasi dengan sekutu Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) lainnya untuk tujuan itu.

Gagasan itu ditolak oleh beberapa anggota aliansi Eropa timur minggu ini, tetapi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membuat "permohonan putus asa" bagi Eropa timur untuk menyediakan pesawat buatan Rusia ke negaranya selama panggilan video dengan anggota parlemen AS pada Sabtu (5/3). 

Beberapa mengatakan setelah itu bahwa mereka mendukung transfer pesawat, yang dapat melibatkan pesawat buatan Rusia di mana pilot Ukraina dilatih.

Zelensky berbicara kepada anggota parlemen saat mereka mempertimbangkan permintaan Presiden Joe Biden untuk tambahan dana US$10 miliar untuk menanggapi invasi Rusia dan sementara pemerintah mempertimbangkan larangan impor minyak Rusia.

Pemerintahan Biden sedang mempertimbangkan untuk mencari pengganti jet tempur yang mungkin dikirim Polandia dari armadanya ke Ukraina, kata juru bicara Gedung Putih.