Australia umumkan penyelidikan terhadap mantan PM Morrison

Penunjukan Morrison sebenarnya disetujui oleh Kepala Negara Seremonial Jenderal David Hurley, tetapi tidak ada upacara pengambilan sumpah.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese. Foto mobile.twitter.com/AlboMP

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, telah mengumumkan penyeldikan independen terhadap pendahulunya Scott Morrison, yang secara diam-diam menunjuk dirinya ke beberapa kementerian selama pandemi Covid-19. 

Albanese mengumumkan langkah tersebut pada Selasa (23/8), setelah Jaksa Agung Stephen Donaghue membuat kesimpulan sementara bahwa penunjukan Morrison adalah sah.

“Demokrasi kami sangat berharga” tulis Albanese di Twitter. “Warga Australia berhak tahu siapa yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan atas nama mereka,” kata dia lagi.

Morrison mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Liberal setelah kalah dalam pemilihan umum pada Mei, telah menghadapi rentetan kritik dari pemerintah Partai Buruh dan partainya sendiri, setelah terungkap bahwa dia diam-diam dilantik menjadi menteri tanpa memberi tahu parlemen atau kabinetnya. Sebuah asumsi kekuasaan yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Dalam nasihat tertulis, Jaksa Agung sangat kritis tentang penunjukkan Morrison ke kementerian.