Badai salju kacaukan transportasi dan aktivitas warga Eropa

Cuaca ekstrem Eropa memakan korban meninggal 55 jiwa. Sebagian besar adalah tuna wisma dan golongan manula.

Seorang pria menyekop salju di sebelah pesawat EasyJet saat penutupan sementara bandara Cointrin di Jenewa, Swiss, Kamis (1/3)./ Antarafoto

Sebagian besar wilayah Eropa diterjang angin dingin dari Siberia dan badai salju, yang berimbas pada gangguan transportasi dan aktivitas warga. Bencana itu memaksa pemerintah di Eropa menutup jalanan, pelayanan kereta, sekolah, dan membatalkan ratusan penerbangan.

Cuaca dingin ekstrim juga dirasakan hingga ke wilayah Mediterania yang biasanya panas. Akibat kondisi cuaca buruk itu, sebanyak 55 orang meninggal dunia di seluruh Eropa, termasuk 21 orang Polandia. Sebagian besar korban meninggal adalah tuna wisma dan golongan manula.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan agar pemerintah dan masyarakat Eropa memberikan bantuan kepada warga miskin, tuna wisma, dan imigran di saat bencana beku terbesar di Eropa menerjang. “Mereka yang berisiko terserang penyakit akibat cuaca dingin adalah anak-anak, manula, dan orang yang memiliki penyakit kronis,” seru WHO, dilansir BBC pada Jumat (2/3).

Cuaca buruk itu memiliki banyak julukan. Di Inggris disebut dengan ‘the Beast from the East’ (si buruk rupa dari Timur). Sedangkan di Belanda disebut dengan ‘Beruang Siberia’. Sementara Swedia menyebutnya dengan ‘snow cannon’.

Irlandia menjadi wilayah yang paling parah dilanda badai salju. Apalagi, badai Emma bergerak dari selatan ditambah dengan cuaca dingin dari Siberia. Banyak penerbangan di Dublin juga dibatalkan hingga cuaca lebih baik pada Sabtu ini.