Baghdadi tewas, ISIS tunjuk pemimpin baru

Sedikit yang diketahui tentang pemimpin baru ISIS. Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi sendiri diyakini sebagai nama samaran.

Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi. / Kementerian Pertahanan Amerika Serikat

ISIS pada Kamis (31/10) mengonfirmasi kematian pemimpin mereka Abu Bakr al-Baghdadi. Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi pun ditunjuk sebagai penggantinya. Kabar ini mereka umumkan lewat rekaman audio yang dirilis oleh Amaq.

Baghdadi dan juru bicara ISIS Abu Hassan al-Muhajir tewas dalam operasi terpisah oleh pasukan Amerika Serikat di Suriah utara pada akhir pekan. Muhajir tewas dalam operasi gabungan oleh pasukan AS dan Kurdi beberapa jam setelah serangan yang menargetkan Baghdadi.

Muhajir sebelumnya diprediksi sebagai suksesor potensial Baghdadi. Sebagai pengganti Muhajir, kelompok teroris itu menunjuk Abu Hamza al-Quraishi.

Sedikit yang diketahui tentang pemimpin baru ISIS. Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi sendiri diyakini sebagai nama samaran.

Rekaman audio tidak memberikan banyak detail soal Qurayshi, yang namanya tidak masuk dalam kandidat yang diperdebatkan sebagai pengganti Baghdadi. Hanya menyebutnya sebagai tokoh terkemuka dan pejuang veteran yang di masa lalu telah berperang melawan AS.