Balon Tiongkok di Taiwan, alat teror Beijing?

Pada hari Senin, dua balon melintasi garis median dan satu balon terbang di atas Taiwan.

Gambar diambil dari situs Kementerian Pertahanan Nasional mnd.gov.tw

Taiwan menangkap penampakan empat balon Tiongkok di teritorial udaranya pada Selasa (2/1). Kementerian Pertahanan Nasional (MND) mengatakan balon-balon itu terdeteksi melintasi garis tengah Selat Taiwan, tiga di antaranya terbang di atas pulau Taiwan. 

Ini adalah hari kedua berturut-turut balon Tiongkok ditemukan melintasi perbatasan tidak resmi yang memisahkan Taiwan dan Tiongkok, dan kesembilan kalinya terdeteksi sejak awal Desember 2023, menurut data MND.

Pada hari Senin, dua balon melintasi garis median dan satu balon terbang di atas Taiwan.

Juru bicara militer Sun Li-fang tidak mengatakan apakah militer Taiwan yakin balon terbaru Tiongkok yang terdeteksi adalah untuk tujuan cuaca atau spionase, namun MND telah mengatakan sebelumnya bahwa sebagian besar balon Tiongkok yang terbang di wilayah tersebut adalah balon cuaca.

Menurutnya, ketiga balon yang terlihat terbang di atas Taiwan pada hari Selasa terdeteksi melintasi garis median pada 105 mil laut, 160 mil laut, dan 159 mil laut barat daya Pangkalan Udara Ching Chuan Kang di Taichung pada ketinggian 12,000, 18,000, dan 22,000 kaki.