Bank Dunia: Hanya 6 negara yang memiliki kesetaraan gender sempurna

Belgia, Denmark, Prancis, Latvia, Luksemburg, dan Swedia adalah negara-negara yang mencetak skor sempurna.

Ilustrasi / Pixabay

Laporan dari Bank Dunia membuktikan bahwa dunia memang tengah bergerak menuju kesetaraan gender, tetapi geraknya sangat lambat. Menurut laporan itu, saat ini, hanya enam negara di dunia yang memberi kesetaraan gender.

Meski rendah, angka itu merupakan peningkatan dari angka nol yang tercatat pada satu dekade lalu ketika Bank Dunia memulai penelitian terkait seberapa efektif suatu negara menjamin kesetaraan hukum dan ekonomi antargender.

Namun, dengan tingkat kemajuan seperti itu, menurut kalkulasi CNN, perempuan baru akan mencapai kesetaraan penuh di area-area yang diukur oleh Bank Dunia pada 2073.

Belgia, Denmark, Prancis, Latvia, Luksemburg, dan Swedia mencetak skor 100 dalam laporan "Women, Business and the Law 2019" Bank Dunia.

Di antara negara-negara itu, Prancis mengalami peningkatan terbesar selama dekade terakhir karena telah menerapkan hukum kekerasan dalam rumah tangga, memberikan hukuman pidana bagi pelecehan seksual di tempat kerja, dan memperkenalkan cuti berbayar bagi orang tua.