Barat gosipkan gestur Putin di video: Ada tanda-tanda Putin sedang sakit saraf

Anders Aslund, seorang penulis dan mantan penasihat di Rusia dan Ukraina, mengatakan bahwa kedua pria itu tampak tidak sehat.

Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto SS Twitter

Kesehatan Vladimir Putin dipertanyakan setelah sebuah video menunjukkan dia memegang meja dengan erat selama pertemuan dengan menteri pertahanan Rusia Sergei Shoigu.

Klip itu telah memicu teori baru tentang kesehatannya, yang dilaporkan telah memburuk sejak ia meluncurkan invasi berkelanjutan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, tulis Independent.co.uk.

Dalam rekaman yang diposting online oleh Kremlin, presiden Rusia berusia 69 tahun itu memegang sudut meja dengan tangan kanannya segera setelah dia duduk untuk rapat, dan terus memegangnya selama 12 menit klip itu.

Putin juga terlihat sesekali memegang ujung meja dengan tangan kirinya sementara Shoigu membacakan pernyataan tentang Mariupol - di mana hingga 120.000 orang tidak dapat melarikan diri dan Rusia mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan memblokir pabrik baja Azovstal yang merupakan pijakan terakhir Ukraina di kota yang terkepung.

Presiden Rusia mengatakan dia ingin memberi selamat kepada pasukannya karena telah "membebaskan" kota pelabuhan Laut Hitam di Ukraina selatan - yang telah mengalami beberapa serangan terburuk dan pertumpahan darah selama invasi.