Belanda terapkan lockdown parsial akhir pekan ini

Kebijakan rencananya berlangsung selama tiga pekan per Sabtu (13/11).

Pemandangan jalan saat penerapan jam di tengah pandemi Covid-19 di Amsterdam, Belanda, pada 23 Januari 2021. Reuters/Piroschka Van De Wouw

Belanda akan memberlakukan karantina wilayah (lockdown) parsial pertama di Eropa Barat mulai musim panas akhir pekan ini. Langkah tersebut untuk menghentikan lonjakan kasus Covid-19.

Bar, restoran, dan toko yang tidak memiliki kepentingan akan ditutup pada pukul 7 malam. Menurut sumber pemerintah, lockdown akan dilakukan setidaknya selama tiga minggu mulai Sabtu (13/11) waktu setempat.

Saat karantina wilayah, perusahaan diminta menerapkan bekerja dari rumah (work from home/WFH) semaksimal mungkin dan melarang masyarakat menonton acara olahraga secara langsung. Meskipun begitu, sekolah, teater, dan bioskop akan tetap beroperasi.

Kabinet sementara Perdana Menteri Mark Rutte akan mengambil keputusan final pada Jumat (12/11). Pun bakal mengumumkan kebijakan baru selama konferensi pers yang dijadwalkan pukul 6 sore.

Infeksi Covid-19 di Belanda meningkat pesat setelah kebijakan menjaga jarak sosial dijatuhkan akhir September lalu. Kasus mencapai rekor sekitar 16.300 dalam 24 jam terakhir hingga Kamis (11/11).