Biden peringatkan bentrokan NATO-Rusia akan memicu 'Perang Dunia III'

Biden mengatakan dia telah memindahkan 12.000 tentara di sepanjang perbatasan dengan Rusia, seperti Latvia, Estonia, Lithuania dan Rumania.

Ilustrasi tentara Rusia. Foto en.as.com

Presiden AS Joe Biden bersumpah bahwa Rusia akan membayar "harga yang mahal" jika menggunakan senjata kimia di Ukraina. Namun Biden berjanji untuk menghindari memprovokasi Moskow ke dalam "Perang Dunia III."

Dia mengatakan dia telah memindahkan 12.000 tentara di sepanjang perbatasan dengan Rusia, seperti Latvia, Estonia, Lithuania dan Rumania sambil menegaskan bahwa Vladimir Putin tidak akan menang dalam perang yang dia lakukan melawan Ukraina.

Berbicara kepada anggota Kaukus Demokratik DPR pada hari Jumat (11/3), Biden menekankan "tidak berperang dalam Perang Dunia ketiga di Ukraina" tetapi mengaku mengirim "pesan kepada Rusia bahwa AS akan mempertahankan setiap inci wilayah NATO".

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) adalah sekelompok 30 negara Amerika Utara dan Eropa. Menurut NATO, tujuannya "adalah untuk menjamin kebebasan dan keamanan para anggotanya melalui cara-cara politik dan militer."

Biden mengatakan rakyat Ukraina telah menunjukkan keberanian yang luar biasa dalam menghadapi serangan militer Rusia tetapi bantuan keamanan yang diberikan AS sangat penting dalam pertahanan mereka.