Bos Wagner ingin nyapres di Pilpres 2024 Ukraina

Prigozhin juga mengatakan bahwa pasukan Wagner hanya berjarak sekitar satu kilometer (0,6 mil) dari pusat Bakhmut

Bos Wagner Ingin Nyapres di Pilpres 2024 Ukraina. Foto Youtube

Yevgeny Prigozhin, pemodal kelompok tentara bayaran Wagner yang berjuang untuk Rusia, telah membuat klaim nyeleneh. Dia mengatakan akan mencalonkan diri sebagai presiden Ukraina pada tahun 2024. 

Prigozhin mengatakan dia memiliki "ambisi politik" untuk tahun depan dan ia mengincar kursi presiden Ukraina. "Saya telah memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2024," selorohnya.

Mengenakan perlengkapan tempur dan berbicara ke kamera dari lokasi yang dirahasiakan di mana tembakan terdengar, dia membuat jeda yang dramatis, sebelum mengklarifikasi bahwa dia ingin mencalonkan diri sebagai "presiden Ukraina."

Pers barat menyebut klaim Prigozhin ini sebagai omong kosong. Bos Wagner ini dianggap sedang meracau karena ia kehabisan amunisi dalam pertempuran di Bakhmut.  Dengan menjadi Presiden, Prigozhin tidak perlu meminta-minta amunisi untuk menguasai Ukraina.

Jika dia mengalahkan petahana Volodomyr Zelensky dan pendahulunya, Petro Poroshenko, "maka semuanya akan baik-baik saja" dan "amunisi tidak diperlukan," katanya.