China: Bantuan tahap dua untuk RI akan segera diberangkatkan

Dubes China menilai pemerintah Indonesia sejauh ini telah menerapkan kebijakan yang komprehensif dan ampuh dalam menghadapi Covid-19.

Warga memakai masker berjalan di sekitar Stasiun Beijing, China, Kamis (30/4) di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian menyatakan bahwa masyarakat dan pemerintah Indonesia telah menunjukkan tekad kuat untuk mengatasi pandemik Covid-19.

"China sangat percaya bahwa Indonesia dapat sesegera mungkin mengatasi pandemik serta memulihkan tatanan ekonomi dan sosial menjadi normal," jelas Dubes Xiao dalam pernyataan tertulis yang diterima Alinea.id pada Selasa (5/5).

Dubes Xiao mengatakan, pemerintah Indonesia sejauh ini telah menerapkan kebijakan yang komprehensif dan ampuh dalam menghadapi coronavirus jenis baru.

Menurutnya, pemerintah Indonesia menunjukkan citra yang terbuka, transparan, dan bertanggung jawab dengan melakukan kerja sama internasional secara aktif, memberikan perlindungan setara terhadap warga negara asing di Indonesia, serta menyediakan fasilitas bagi para diplomat dan anggota keluarganya untuk menunjungi dokter.

Dubes Xiao melanjutkan, saat Tiongkok melewati masa sulit dalam penanganan pandemik Covid-19, Indonesia turut membantu dengan menyumbangkan bantuan berupa pasokan peralatan medis.