China batasi waktu bermain game online untuk anak-anak hingga 3 jam seminggu

Anak di bawah umur hanya bisa bermain game antara jam 8 malam sampai jam 9 malam pada hari Jumat, akhir pekan dan hari libur nasional.

ilustrasi. foto Pixabay

China melarang anak-anak bermain game online selama lebih dari tiga jam seminggu. Ini adalah pembatasan paling keras sejauh ini pada industri game karena regulator di negara itu terus menindak sektor teknologi.

Anak di bawah umur di China hanya bisa bermain game antara jam 8 malam sampai jam 9 malam pada hari Jumat, akhir pekan dan hari libur nasional mulai 1 September, menurut pemberitahuan dari Administrasi Pers dan Publikasi Nasional.

Aturan itu membatasi bermain game hingga tiga jam seminggu untuk sebagian besar minggu dalam setahun, turun dari batasan sebelumnya yang ditetapkan pada tahun 2019 yang memungkinkan anak di bawah umur bermain game selama satu setengah jam per hari dan tiga jam pada hari libur.

Peraturan baru ini mempengaruhi beberapa perusahaan teknologi terbesar di China, termasuk raksasa game Tencent yang game multiplayer online Honor of Kings sangat populer secara global, serta perusahaan game NetEase.

Harga saham Tencent ditutup turun 0,6% pada 465,80 dolar Hong Kong pada hari Senin menjelang pengumuman regulator. Kapitalisasi pasarnya sebesar US$573 miliar turun lebih dari US$300 miliar dari puncaknya di Februari, penurunan yang setara dengan nilai total Nike atau Pfizer.