Selandia Baru dukung Taiwan jadi pengamat di WHO, China berang

Taiwan, dengan dukungan kuat Amerika Serikat, telah meningkatkan lobi untuk mendapat kursi sebagai pengamat di WHA.

Ilustrasi Selandia Baru / Pixabay

China pada Senin (11/5) mendesak Selandia Baru untuk mematuhi prinsip one-China atau satu-China secara ketat dan segera menghentikan tindakan yang keliru pada isu-isu terkait Taiwan demi menghindari kerusakan hubungan bilateral.

Apa yang disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian itu merupakan komentar atas pernyataan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru yang juga Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters. Belum lama ini, Peters mengatakan bahwa pihaknya akan mendukung permintaan Taiwan untuk memainkan peran sebagai pengamat di Majelis Kesehatan Dunia (WHA). 

"Pernyataan yang keliru seperti itu dari pihak Selandia Baru sangat melanggar prinsip satu-China. Tiongkok menyesalkan dan menentangnya serta telah mengajukan protes," kata Zhao.

Zhao menegaskan bahwa posisi China atas partisipasi Taiwan di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) jelas dan konsisten.

"Prinsip satu-China harus diperhatikan. Berdasarkan prinsip ini, pemerintah pusat China telah membuat pengaturan yang tepat bagi partisipasi wilayah Taiwan dalam acara-acara kesehatan global, yang memastikan wilayah Taiwan dapat dengan cepat dan efektif merespons insiden kesehatan publik lokal dan global," ungkap Zhao.