China: Taliban yang sekarang lebih 'sober' dan rasional

Hua menyarankan Taliban berkomitmen untuk kesetaraan untuk semua dan penghapusan apa yang disebutnya sebagai diskriminasi.

China dan Taliban saling membutuhkan. foto Xinhuanet

Kementerian Luar Negeri China telah menegaskan kembali kesediaannya untuk menghormati kedaulatan nasional Afghanistan dan menjaga hubungan dengan Taliban. China menggambarkan kelompok Islamis itu sebagai “lebih sadar dan rasional” daripada sebelumnya.

Berbicara pada hari Kamis, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mencatat bahwa para pemimpin Taliban telah menyatakan keinginan mereka untuk menyelesaikan masalah Afghanistan dan menghargai komitmen mereka untuk membangun pemerintahan Islam yang terbuka dan inklusif.

Juru bicara itu menyatakan bahwa China akan sepenuhnya menghormati kedaulatan nasional Afghanistan. China bersikeras bahwa mereka ingin mempertahankan hubungan mereka dengan Taliban serta faksi-faksi lain yang hadir di negara itu.

Hua menyarankan Taliban berkomitmen untuk kesetaraan untuk semua dan penghapusan apa yang disebutnya sebagai diskriminasi. Dia menambahkan bahwa China akan mendorong penerapan sikap positif ini.

Dia menambahkan bahwa Beijing berharap penguasa baru Afghanistan dapat menyatukan semua pihak dan kelompok etnis, sambil menekankan perlunya sistem yang memungkinkan dialog dan konsultasi.